Ibu Susi Pudjiastuti

Beliau bernaama Susi Pudjiastuti. Lahir pada tanggal 15 Januari 1965 di Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia

Ibu Susi ketika menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja 2014-2019

Ibu Susi adalah seorang pengusaha di bidang ekspor baga laut dengan bendera PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Beliau Juga pemilik perusahhan maskapai penerbangan charter, PTASI Pudjiastuti Aviation.

Ibu Susi pernah menjabat sebagai Menteri kelautan dan Perikanan Indonesia di kabinet kerja 2014-2019, Ibu Susi merupakan menteri pertama yang tidak lulus SMA, karena pendidikan terakhir Ibu Susi adalah SMP.

Namun, setelah Ibu Susi menjadi menteri, beliau mengikuti Kejar Paket C untuk mendapatkan ijazah SMA.

Ibu Susi tidak lulus SMA karena dikeluarkan dari sekolah. akibat beliau aktif di gerkan Golput, suatu gerakan menentang kebijakan Golkar( Golongkan Karya), di mana saat itu,
Golkar adalah partai yang berkuasa di Indonesia, dengan Presiden Soeharto.

Sebagai pengusaha maskapai penerbangan, Ibu Susi telah memperkerjakan lebih dari 136 pilot, 90 di antaranya pilot asing. Ketika terjadi bencana tsunami di Aceh, tahun 2004, Pesawat Susi Air-lah yang mampu mencapai lokasi tsunami pertama kalinya.

Setelah putus sekolah, Ibu Susi menjual perhiasannya dan mengumpulkan modal untuk menjadi pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983.

Bisnisnya berkembang hingga tahun 1996, Ibu Susi mendirikan pabrik pengalahan ikan dengan produk unggulan labster dengan merek “Susi Brand”. Bisnis ini meluas hingga ke pasar Asia dan Amerika. sehingga Ibu Susi memerlukan sarana transportasi cepat untuk mengangkut produk hasil lautnya dalam keadaan segar.

Pada tahun 2004, Ibu Susi membeli dua peswat Cessna Caravan.
Melalui PT ASI Pudjiastuti Aviation yang didirikannya, pesawat itu digunakan untuk mengangkut lobster dan ikan segar tangkapan nelayan di Pangandaran ke Jakarta.

Selama menjabat sebagai menteri, Ibu susi dikenal saat giat dalam memberantas penangkapan ikan ilegal ( illegal fishing) di laut indonesia. Langkah Ibu Susi menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan mendapat respon positif dan negatif dari berbagai pihak.

Ibu Susi dalam aksinya menenggelamkan kapal pencuri ikan

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Ibu Susi melelang kapal daripada menenggelamkannya. Ibu Susi tetap bergeming, sebab sudah sesuai undang-undang.
Dan Jika dilelang, kapal tersebut berpotensi dibeli kembali oleh penduru ikan dengan harga murah.

Penenggelaman kapal juga dikritik menjadi penyebab kerusakan lingkungan. Ibu Susi menjelaskan bahwa kapal. Kapal yang ditenggelamkan akan menjadi terumbu karang. Lokasi penenggelaman di pilih di area yang tidak ada terumbu karangnya. Kapal-kapal juga sudah dibersihkan dari bendayang berpotensu merusak lingkungan sebelum ditenggelamkan.

Di luar negeri, WWF Internasional menganugerahi Ibu Susi “Leader for a Living Planet Awards” atas komitmennya untuk menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan di Indonesia.
Hingga Oktober 2019, sebanyak 556 pencuri ikan telah ditenggelamkan.

Selain penenggelaman kapal, Ibu Susi juga menerbitkan peraturan
Menteri kelautan Nomer 2 Tahun 2015 tentang larangan penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela (Trawls) dan Pukat Tarik (Seine Nets). kedua alat tangkap tersebut dinilai dapat merusak lingkungan.

Setahun kemudian, Ibu Susi menerbitkan surat Edaran Nomor: 72/MEN-KP/11/2016 mengenai pembatasan penggunaan Alat perangkapan Ikan Cantrang di Wilayah pengelolaan perikanan Negara Indonesia. Cantrang adalah alat tangkap yang bekerja dengan menebar Jaring yang diikat den tali selambar secara melingkar kemudian ditarik ke arah kapal sehingga kantong jaring yang berisi ikan bisa terangkat. Penggunaan tali selambar yang panjang menyebabkan jaring cantrang menyapu dasar lautan ikan-ikan kecil maupun biota laut yang bukan target penangkapan.

Ibu Susi sangat mencintai laut

Setelah selesai menjabat sebagai menteri, Ibu Susi kembali aktif menjalankan perusahaannya danterus aktif di bidang kelautan, Ibu Susi juga sekarang mengampu acara televisi Susi Cek Ombak di stasiun Metro TV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: